Minggu, 18 September 2011

Samudera Kekuatan Pikiran

Anda, saya dan seluruh manusia  dimuka bumi  menjadi seperti sekarang  karena pikiran kemaren. Esok atau lusa kita akan mencapai sesuatu yang kita pikirkan hari ini.

“Jika anda ingin sukses, pelajarilah kesuksesan itu dan berpikirlah seperti orang-orang sukses. Jika anda ingin bahagia, pelajarilah kebahagiaan dan berpikirlah seperti orang-orang yang bahagia. Ingat, pikiran adalah hasil pilihanmu sendiri. Sebelum anda memilih pikiran tertentu maka pertimbangkanlah baik-baik. Jika pikiran tertentu memiliki dampak positif, mantapkanlah ia hingga ia menjadi pengontrol  perbuatan anda secara konsisten.”

Pernahkan anda mendengar seseorang  berkata , “Ketika bangun pagi, aku merasa sangat lelah. Agar bisa segar , aku harus minum secangkir kopi.” Orang lain berkata, “Kalau minum segelas susu hangat, aku merasa mulas.” Atau yang lain berkata, “Dibulan  Juli hidung dan tenggorokanku selalu sensirif dan berlansung sepanjang musim panas.”
Sayang sekali banyak orang yang tidak tahu bahwa dengan menggunakan kalimat seperti diatas  mereka telah membentuk  mindset atau  pola pikir negatif . Setelah terbentuk , mindset ini tersimpan dalam akal bawah sadar serta menumbuhkan perasaan dan persepsi negatif.

Yang dimaksud mindset adalah sering memikirkan sesuatu dan menggambarkan bahwa pengalaman tertentu  memiliki efek tertentu. Orang merasa pusing ketika bangun tidur dipagi hari , itu karena ia selalu berfikir dan membuat gambaran internal tentang kepusingannya itu. Akibatnya pikiran dan gambaran internal itu benar-benar membuat ia merasa pusing setiap kali bangun pagi.

Definisi mandset (pola pikir) adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi keyataan yang dapat dipastikan disetiap tempat dan waktu yang sama.


Menurut Dr Ibrahim Elfiky dalam bukunya ‘Terapi Berpikir Positif’ ( sesuai dengan apa yang dikatakan Al-Quran),  ketika  lahir manusia itu bersih. Data-data dalam otaknya jernih. Bahkan ia belum mengerti apa yang terjadi disekitarnya. Orangtua dan  lingkungan  ikut  membentuk kepribadian, pikiran dan  kehidupannya. Disinilah akal mulai membuka  file-file  kognitif dari pengertian itu sehingga terbentuk file-file tersendiri dari pengertian tersebut. Maka akal akan merekam pengalaman itu dalam file khusus.

Contoh , file untuk cinta. Setiap kali anak menemukan sesuatu yang berarti cinta, akalnya akan merekam sesuatu itu dalam file cinta. Contoh lain file marah, setiap  orang akan merekam  seluruh pengalaman marah yang terjadi sepanjang hidupnya dalam file marah. Begitulah akal terus melakukan  proses membuka file dan menyimpan berbagai pengalaman kedalam file-fila yang sesuai  dengan pengertian pengalaman  yang ditemui seseorang.  Dengan demikian terbentuklah file kasih sayang, file  toleransi, file ceria, file fanatisme, file takut, file cemas, file putus asa, file harga diri, file citra diri, file percaya diri, file kehilangan, file kegagalan, file keberhasilan, file kebahagiaan, file kesabaran, file istiqamah dll.
Jadi dalam akal terdapat banyak arsip  yang berisi  pengetahuan, bahasa, norma, keyakinan dan prinsip. Setiap kali menghadapi pengalaman baru otak  mengidentifikasinya dengan menggunakan data-data yang sudah ada, lalu menyimpan  pengalaman baru itu dalam file sejenis.

Ketika seseorang takut pada sesuatu, terbukalah file rasa takut di dalam otaknya. Setiap kali menghadapi rasa takut, baik sekedar memikirkan maupun membayangkan, persepsinya akan meningkat dan rasa takut semakin menumpuk. Jika ia ingin bebas dari rasa takut itu, kemudian ia mengobatinya secara konsisten, saat itulah  ia terjadi kejutan. Ia akan bebas sepenuhnya dari file rasa takut karena semua yang ada dalam file itu satu jenis.


Ada orang yang mencoba mengatasi rasa cemas, gugup, kesepian, sia-sia dan sebagainya dengan mengkonsumsi obat. Padahal obat-obat itu tidak bisa mengubah file yang tersimpan dalam akal bawah sadarnya.   
Sebagaimana yang kita lihat, segala sesuatu  dalam hidup ini terbentuk dari pikiran tertentu yang terjadi berkali-kali dan hasilnya digunakan dalam kehidupan.

Akal seseorang bekerja sesuai arahan. Pikiran apapun yang sedang dipikirkan seseorang akan diterima oleh akal dan ia bekerja kearah pikiran itu. Ia akan mencari diruang memori setiap file data yang dapat membantu dan mendukung Anda kearah itu dan membuat anda berhasil mewujudkannya, baik positif atau negatif.


Contoh sederhana tentang kekuatan pikiran dan pengaruhnya dibenak seseorang. Jika pikiran menggambarkan rasa takut maka konsentrasi akal akan melepas diri dari rasa takut adalah dengan menghindari nya atau menghadapi dan memberantasnya. Jika yang muncul dipikiran adalah kecemasan , akal akan fokus pada kecemasan dan mencari penguat dengan membuka data-data pendukung. Bisa jadi hal itu  semakin membuat cemas  atau bisa menjadi solusi.
Kita bisa menganalogikan semua pengalaman hidup dengan  contoh sederhana itu. Dalam kehidupan spiritual , jika yang muncul dipikiran adalah  bangun malam untuk shalat tahajud atau shalat subuh pada waktunya, maka akal akan konsentrasi pada hal itu. Akal akan mencari data untuk mewujudkan keinginan tersebut.


Dalam bidang kesehatan, jika yang dipikirkan adalah kesehatan yang membaik dan berat badan ideal yang dihubungkan dengan kebahagiaan, maka akal akan fokus untuk mewujudkan itu. Dengan usaha dan kesabaran , seseorang bisa mewujudkan mimpi-mimpinya.

Pikiran  yang muncul dalam otak kita  akan Mempengaruhi Fisik, mempengaruhi perasaan, mempengaruhi intelektualitas, mempengaruhi  sikap, hasil, citra diri, rasa percaya diri, kondisi  jiwa, kondisi kesehatan;
Pikiran juga dapat melampaui batas waktu, tidak mengenal jarak, tidak mengenal waktu; Ia dapat menambah atau mengurangi energi, melahirkan kebiasaan ; Perhatikanlah bagaimana pengaruh pikiran terhadap alam bawah sadar dan mata rantai persepsi dalam kehidupan kita.

Pernahkan anda merasa hidup tidak bahagia? Merasa tidak berarti, merasa sia –sia dan sebagainya?
Untuk mengatasinya, Cobalah kembali  kemasa lalu, ingat sejak kapan kita merasa tidak bahagia,  keluarkan semua file-file di pikiran yang menyebabkan kita tidak bahagia,obati semua hal yang menyebabkan tidak bahagia  dengan membuka file-file alam  bawah sadar yang menegaskan bahwa anda bahagia, tanamkan sugesti yang wajar pada sistem kekebalan,   bayangkan saat anda berbahagia, keluarkan dan buka file-file  yang menegaskan bahwa anda seorang yang berbahagia dengan mengingat semua hal-hal yang membahagiakan, dan segera kembali kemasa kini  . Lalu pikirkan hal-hal  untuk  mewujudkan kebahagiaan, maka tubuh kita akan meresponnya dan akal akan mengumpulkankan data-data  dalam satu File kebahagiaan.Tanamkan dalam pikiran bahwa anda adalah orang yang berbahagia dan yakinkan bahwa anda berbahagia dan wujudkan kebahagiaan itu.
Begitulah pikiran dapat mempengaruhi  kehidupan seseorang.

Pernahkan anda merasa tidak menyukai seseorang dan secara tidak sadar rasa tidak suka bisa saja berubah menjadi suatu kebencian yang ingin anda lupakan?  Mungkin karena dia menyakiti anda? Mempermainkan perasaan anda? Atau mengkhianati anda dan sebagainya. Dan  kita ingin sekali melupakannya tapi secara tidak sadar  mengingatnya malah membuat  kita  semakin tidak menyukainya.

Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif  memenuhi kepala kita, jangan biarkan energi negatif  mengisi kehidupan kita. Cobalah kembali kemasa lalu itu, ingat dan keluarkan apa –apa yang menyebabkan anda tidak menyukainya, keluarkan semua  perasaan  tidak suka  ( dan mungkin kebencian?) , lalu buka File baru ‘ kebaikan ‘yang pernah dia lakukan yang membuat anda pernah menyukainya, kumpulkan semua  sugesti alam bawah sadar bahwa dia pernah melakukan kebaikan, ingat yang baik-baik tentang dia dan kumpulkan dalam satu File’ kebaikan’ , dan segera kembali kemasa kini. Dengan begitu anda telah menghapus file kebencian dan menggantinya dengan file kebaikan.
Bagaimanapun  file-file negatif  yang tersimpan dalam pikiran akan membebani kita sendiri, ketika energi-energi  negatif ikut mempengaruhi kehidupan maka kita  akan  selalu merasa tidak puas,  kesia-siaan dan ketidakbahagiaan.

Begitulah contoh file akal yang tersimpan di bawah sadar. Untuk membuat perubahan sempurna seperti yang diinginkan, mulailah dari dalam. Yaitu mengubah file khusus yang terkait dengan hal itu. Hal ini sesuai dengan Firman Allah, “ Sesungguhnya Allah  tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS Al-Ra’d : 11)

“Ingat ,Anda adalah apa yang anada pikirkan “ Pikiran adalah kekuatan.

Dalam ‘Aladdin Factor’ karya Jack canfield dan mark Victor Hansen, ditemukan informasi yang menghentak kesadaran. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa setiap hari manusia menghadapi lebih dari 60.000 pikiran. Satu-satunya yang dibutuhkan sejumlah besar pikiran ini adalah pengarahan. Jika arah yang ditentukan bersifat negatif maka  sekitar 60.000 pikiran akan keluar dari memori kearah negatif. Sebaliknya jika pengarahan nya positif  maka sejumlah pikiran yang sama juga akan keluar dari ruang memeori kearah positif.

Pada tahun 1996 , penelitian Fakultas kedokteran di San Fransisco menyebutkan lebih dari 80 % pikiran manusia bersifat negatif. Hasil penelitian ini memperkuat  pernyataan  bahwa nafsu cendrung menyuruh kepada keburukan (ammarah bi al-su’). Dengan hitungan sederhana 80 % dari 60.000 pikiran. Berarti setiap hari kita memiliki 48.000 pikiran negatif. Semua itu turut mempengaruhi perasaan, perilaku, serta penyakit yang mendera jiwa dan raga. Jika demikian kita harus ekstra hati-hati dalam memilih pikiran di benak kita.

Pikiran-pikiran negatif yang memenuhi kepala kita akan berkumpul dalam satu File Negatif membentuk energi negatif yang akan mempengaruhi kehidupan selanjutnya, sebaliknya  segeralah  hapus file-file negatif  dan menyuburkan file-file positif sehingga muncul  energi positif dalam diri yang menghadirkan kebahagiaan  dalam kehidupan.

Wallahu a’lam bisshawwab
BC19102010
(Sumber :Saduran bebas dari Terapi berpikir positif karya  Dr Ibrahim El-Fiky)

LOWONGAN KERJA ONLINE INPUT DATA

 
  1.  Kerja System Online
  2.  Penawaran Bonus Gaji Pokok 2 Juta/Bulannya 
  3.  Pekerjaan Hanya Mengumpulkan dan Menginput Data yang disediakan program Secara Online,  Per-Input dapat  komisi  Rp. 10.000, - Bila Sehari Anda Sanggup Menginput 50 Data Maka Gaji  Anda 10RbX50Data=500Rb  Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan   500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
  4.  Untuk Semua Golongan Individu Pelajar/Mahasiswa/Karyawan/Siapa saja Yang Memiliki Koneksi  Internet, Dapat  Dikerjakan   dirumah/diwarnet.
  5.  Mendapatkan Gaji 200Rb Didepan Setelah Pendaftaran Untuk Semangat Kerja Pertama Anda.
Cara Pendaftaran : Kirimkan Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE dibawah ini

Maka Demo dan Konsep kerjanya selengkapnya langsung kami kirimkan ke alamat web tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar