Sabtu, 06 Agustus 2011

Kisah Kelapa Milik Pak Kyai

♥♥.•*´¨`*•. (`'•.¸ (`'•.¸*¤* ¸.•'´) ¸.•'´) .•*´¨`*•.♥♥
♥♥ ✿♥ ✿♥ ✿ ....(Jangan Asal Main 'Sikat')....✿♥ ✿♥ ✿♥♥
♥♥`*•.¸¸.•* (¸.•'´ (¸.•'´*¤* `'•.¸) `'•.¸) `*•.¸¸.•*♥♥

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِي

Sebutir kelapa memang bisa menggairahkan selera makan kita. Sebaliknya, bisa menjadi pil pahit yang terus membekas sepanjang hidup.

Ada saja ulah para santri di pondokkan. Ada yang lucu, konyol, kocak serta kampungan. Meski hidup di lingkungan yang notabene relijius, ada saja kenakalan-kenakalan mereka. Mereka menganggap, tanaman-tanaman yang ada di perkebunan kompleks pesantren milik sang kyai dianggap sah dimanfaatkan oleh santri. Asalkan sang kyai tidak mengetahuinya, menurut mereka telah diikhlaskan.

Rupanya tanpa disadari sang kyai, ada santri nakal yang sama-sama mengincar buah-buah yang telah masak tersebut.
"Masak sih kita ambil mangga pak kyai yang tidak dibolehkan ?" begitu celetuk santri.

***

Malam itu, hujan rintik-rintik. Kediaman pak kyai pun sudah gelap. Lampu penerangan di dalam rumah sudah padam. Itu tandanya, pak kyai dan keluarganya sudah beristirahat dalam pembaringan.

Tiba-tiba beberapa santri yang masih melek timbul ide untuk mengadakan mayoran, masak-masak ala pondok. Biasalah, kalau malam larut ditimpa gemericik hujan, perut mereka seringkali dihantam keroncongan. Mau beli makan di warung, sudah pada tutup.

Mereka sepakat, memasak ala kadarnya dengan memanfaatkan yang ada. Yang terpenting, perut terisi dan kenyang malam itu. Sebagian bumbu-bumbu sudah tersedia, sisa pagi hari, demikian halnya dengan beras, masih cukup.

Bagaimana dengan kayu bakar ?
Kalau kayu yang mereka beli masih ada, mereka akan mempergunakannya. Tetapi jika tidak ada, kayu-kayu bongkaran renovasi milik pak kyai yang ada di sekitar dapur akan menjadi kayu bakar buat mereka.

Terong tampaknya menjadi menu andalan malam itu.

"Ambil saja kayu di atas itu ! Itu punya pak kyai, pasti halal. Masak sih tidak di ikhlaskan oleh beliau !" kata santri senior.

"Iya, kang," kata santri yang masih muda. Yang lain pun tak mempersoalkan, menganggap bahwa kayu bongkaran milik pak kyai sah saja dipakai anak-anak santri.

Mereka mulai sibuk. Ada yang tengah mencari-cari makanan tambahan, rambutan yang ada di sekitar pengimaman mushalla sebagai buah pencuci mulut.

Ada juga yang diam-diam mengambil buah kelapa dengan bambu panjang untuk campuran sambelnya. Beberapa lainnya berada di dapur menyiapkan segala sesuatunya. Membersihkan baki yang akan digunakan untuk tempat nasi dan lauknya.

Lima santri yang kelaparan itu akhirnya berkumpul, membentuk satu lingkaran. Di tengahnya terhidang baki ukuran besar berisi nasi, sambel terong dicampur dengan parutan kelapa, dengan asap yang masih mengepul.

Lebih istimewa lagi, ada buah rambutan yang masih segar dan baru dipetik. Meski sebagian buah itu masih berwarna kekuning-kuningan, belum matang betul, tapi tetap menambah selera makan mereka.

Sebentar lagi perut mereka yang keroncongan pastilah akan segera terisi. Setelah itu kenyang dan dapat tidur dengan lelap sampai shubuh menjelang.

Baru sesuap nasi meluncur ke mulut, pak kyai muncul mendadak.

"Naaa ... Santri-santriku yang imut-imut .. Bapak boleh ikutan makan gak !? Kan tadi ikutan "iuran" kelapa !"

kata pak kyai santai, sambil masuk dalam lingkaran tersebut. Sontak para santri salah tingkah. Wajah mereka berubah pucat. Sebagian nasi yang telah masuk ke dalam mulut itu tak berani mereka kunyah.

Gerakan-gerakan mereka tertahan, ragu-ragu untuk untuk terus melanjutkan makannya. Selera makan yang tadinya menggebu-gebu kini malah hampir redup.

"Ayo, kita lanjutkan makan !" kata pak kyai memecah kebuntuan.

Melanjutkan makan atau menghentikan makan sama saja menanggung malu yang luar biasa. Toh perbuatan mereka, mengambil sebutir kelapa dan buah rambutan, ternyata sudah diketahui oleh kyainya.

Mereka yang tadinya berseloroh bahwa apa pun yang dimiliki kyai boleh dimanfaatkan oleh santrinya, diam seribu bahasa. Mereka bisa berkata, tapi mulut mereka terkunci rapat-rapat.

Kini, apakah mereka tetap beranggapan bahwa memanfaatkan barang milik sang kyai tetap halal ? Meski tanpa meminta izin lebih dulu agaknya terjawab sendiri dengan sikap diam mereka.

***

sahabat ... 
Apapun itu jika anda tahu siapa pemiliknya "JANGAN ASAL MAIN SIKAT" ..

Meminta izin adalah lebih baik bagi kita 
daripada menanggung malu sesudahnya
walau hanya terlihat sepele saja
apapun alasannya tetap itu suatu cara
yang bisa memupuk subur dosa yang ada.

Silakan mau Tag/Share/Copy note nya , Dengan senang hati jika ber manfa'at 

^__^

★  *  ★   *★   *   ★ *  ★

NOTE.ADMIN UKHTY ISHLAHUL BATHIN 

 SHARE.ADMIN UKHTY LA TAHZAN 


★  *  ★   *★   *   ★ *  ★

___________________¶¶¶¶¶¶¶¶¶
_______________¶¶¶¶¶777777¶¶¶
_____________¶¶¶77777¶¶¶¶¶¶7¶¶¶
____________¶¶777¶¶¶¶¶77777¶¶¶77¶¶¶¶
____________¶¶¶¶7777777¶¶¶¶¶777¶¶7¶
_____________¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶777777¶¶77¶
_____________7777777777777777¶¶777¶
_____¶¶____¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶777¶¶77¶¶77777¶
_______¶¶___¶¶777777¶¶¶77777¶777777¶¶
________¶¶___¶¶77777777¶¶77¶¶7777777¶
_________¶____¶¶77777777777¶77777777¶
________¶¶_____¶7777777777¶¶77777777¶
_______¶¶______¶¶777777777¶777777777¶
______¶_________¶¶7777777¶¶77777777¶¶
_____¶___________¶¶7777777777777777¶
____¶______________¶¶7777777777777¶¶
___¶_________________¶¶¶¶777777¶¶¶¶
__¶¶_________________¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶
_¶¶__________________¶¶___¶¶¶¶¶__¶¶
_¶¶________¶¶¶¶¶______¶____¶¶¶____¶
_¶¶______¶¶____¶¶¶_________¶¶¶
_¶¶_____¶________¶¶________¶¶¶__¶¶¶¶¶¶¶
a
__¶¶____¶_________¶¶______¶¶¶_¶¶¶§§§§§§
¶¶¶
___¶____¶¶__¶¶_____¶_¶___¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶§§§§
§§§¶
____¶¶___¶¶___¶¶__¶¶_¶¶_¶¶¶__¶§§§§§¶¶¶§
§§§§¶
_____¶¶____¶¶¶____¶¶_¶¶¶¶¶____¶¶§§§§§§¶
¶¶§§¶
______¶¶_________¶¶__¶¶¶________¶¶¶§§§§
§§¶¶¶
________¶¶¶____¶¶¶__¶¶¶____________¶¶¶¶
¶¶¶¶¶
__________¶¶¶¶¶¶___¶¶¶
__________________¶¶¶
__________________¶¶
_________________¶¶¶
_________________¶¶¶

Sumber Source : http://www.facebook.com/pages/Mencintai-Mu-Karena-Allah/228609320497073

BISNIS ONLINE Terpercaya dan Menguntungkan JIKA BERMINAT SILAKAN KLIK BANNER GAMBAR Dibawah ini dan Masukan NAMA dan EMAIL anda di subcriser nanti untuk bisa melihat-lihat Info bisnis Ini

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus