Jumat, 07 Oktober 2011

Hikmah Dibalik Kisah : Mug yang cantik.


Sahabatku,
Dikisahkan sepasang kakek dan nenek pergi belanja di sebuah toko suvenir di Singapura, untuk mencari hadiah buat cucu mereka. Kemudian mata mereka tertuju kepada sebuah mug (cangkir) yang cantik 'Lihat mug itu,' kata si oma kepada suaminya. 'Kau benar, inilah mug tercantik yang pernah aku lihat,' ujar si kakek.

Saat mereka mendekati mug itu, tiba-tiba mug yang dimaksud berbicara 'Terima kasih untuk perhatiannya, perlu diketahui bahwa aku dulunya tidak cantik. Sebelum menjadi mug yang dikagumi, aku hanyalah seonggok tanah liat yang tidak berguna. Namun suatu hari ada seorang penjunan dengan tangan kotor melempar aku ke sebuah roda berputar.. Kemudian ia mulai memutar-mutar aku hingga aku merasa pusing. Stop ! Stop ! Aku berteriak, Tetapi orang itu berkata 'belum !' lalu ia mulai menyodok dan meninjuku berulang-ulang. Stop ! Stop ! teriakku lagi. Tapi orang ini masih saja meninjuku, tanpa menghiraukan teriakanku. Bahkan lebih buruk lagi ia memasukkan aku ke dalam perapian. Panas!! Panas!! Teriakku dengan keras. Stop!!! Cukup !! Teriakku lagi.

Tapi orang itu berkata 'belum !' Akhirnya ia mengangkat aku dari perapian itu dan membiarkan aku sampai dingin. Aku pikir, selesailah penderitaanku. Oh ternyata belum. Setelah dingin aku diberikan kepada seorang wanita muda dan dan ia mulai mewarnai aku. Asapnya begitu memualkan. Stop ! Stop ! Aku berteriak. Wanita itu berkata 'belum !' Lalu ia memberikan aku kepada seorang pria dan ia memasukkan aku lagi ke perapian yang lebih panas dari sebelumnya !!! Tolong !!! Hentikan penyiksaan ini!!! Sambil menangis aku berteriak sekuat-kuatnya. Tapi orang ini tidak peduli dengan teriakanku. Ia terus membakarku.

Setelah puas 'menyiksaku' kini aku dibiarkan dingin. Setelah benar-benar dingin seorang wanita cantik mengangkatku dan menempatkan aku dekat kaca. Aku melihat diriku. Aku terkejut sekali. Aku hampir tidak percaya, karena di hadapanku berdiri sebuah mug yang begitu cantik. Semua kesakitan dan penderitaanku yang lalu menjadi sirna tatkala kulihat diriku yang menjelma menjadi begitu cantik.

Sahabatku,
Begitulah kalau Allah swt hendak menjadikan seseorang menjadi besar, lebih dahulu disengsarakan batinnya, dipayahkan urat dan tulangnya, dilaparkan badan kulitnya, dimiskinkan sehingga tidak punya apa-apa, dan digagalkan segala usahanya. Maka dengan demikian digerakkan hatinya, diteguhkan Watak Sejatinya, dan bertambah pengertiannya tentang hal-hal yang ia tidak mampu.

Seperti itulah juga barangkali Allah swt membentuk kita di dunia. Ibarat sebuah mug yang cantik. Pada saat Allah membentuk kita mengarungi hidup ini, tidaklah menyenangkan, sakit, penuh penderitaan, dan terkadang penuh air mata. Tetapi inilah satu-satunya cara Alllah swt untuk mengubah kita supaya menjadi cantik dan memancarkan sinar-sinar kemuliaan-Nya.

Dan seperti ini jugalah barangkali Allah menempa kita di dunia, melalui Rasulullah SAW Allah swt memerintahkan kepada kita untuk menjalankan perintah2nya yang mungkin secara fisik tidaklah menyenangkan, disuruh-Nya kita shalat 5 waktu, puasa menahan lapar, mengurangi tidur dan bangun malam, memotong penghasilan kita untuk zakat dan sedekah, disuruhNya kita melakukan perjalanan haji di negeri yang jauh panas dengan biaya mahal dsb. Secara fisik kadang sakit, penuh penderitaan, dan banyak air mata. Tetapi proses inilah barangkali satu-satunya cara bagi Allah untuk mengubah kita supaya menjadi ummatNya yang saleh dan kelak Allah memberikan Surga sebagai ganjarannya.

Belum lagi dalam hidup kita tidak luput dari berbagai ujian dan cobaan. Kehilangan harta, kehilangan orangtua, sanak saudara, sakit dll terkadang datang silih berganti. Tahukah Anda bahwa sesungguhnya Allah punya maksud baik dari semua kejadian tersebut? Mungkin bukan saat ini Anda mendapatkan hikmahnya, entah kapan.. 

Anggap sajalah setiap ujian dan cobaan itu sebagai suatu proses menuju kebahagiaan, sebab kita tahu bahwa setiap Ujian dan cobaan yang kita hadapi dengan ikhlas, Insya Allah akan menjadikan kita makin tegar, makin kuat dan menjadikan kita naik kelas dan Allah akan memberikan ganjaran kepada kita di dunia dan Insya Allah ke akhirat.

Untuk itu, apabila anda sedang menghadapi ujian hidup, jangan berkecil hati. Karena Allah sedang membentuk anda. Proses pembentukannya memang menyakitkan dan membuat penderitaan. Namun, percayalah, setelah semua proses itu selesai, anda akan melihat betapa cantiknya Tuhan mengkreasi hidup A anda. 

Yang terpenting lagi dalam proses kita hidup adalah,janganlah sekalipun Anda berputus Asa dari Rahmat-Nya, Karena dalam proses inilah, maka sesungguhnya Anda sedang dibentuk sebagai Manusia yang paripurna, sebagai Insan Kamil. Wallahualam bissawab.

Bârakallâhulî wa lakum, Matur syukran n Terima kasih.
Semoga Bermanfaat ya

Imam Puji Hartono (IPH)

"Utamakan SEHAT untuk duniamu, Utamakan AKHLAK dan SHALAT untuk akhiratmu"
  
LOWONGAN KERJA ONLINE INPUT DATA

 
  1.  Kerja System Online
  2.  Penawaran Bonus Gaji Pokok 2 Juta/Bulannya 
  3.  Pekerjaan Hanya Mengumpulkan dan Menginput Data yang disediakan program Secara Online,  Per-Input dapat  komisi  Rp. 10.000, - Bila Sehari Anda Sanggup Menginput 50 Data Maka Gaji  Anda 10RbX50Data=500Rb  Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan   500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
  4.  Untuk Semua Golongan Individu Pelajar/Mahasiswa/Karyawan/Siapa saja Yang Memiliki Koneksi  Internet, Dapat  Dikerjakan   dirumah/diwarnet.
  5.  Mendapatkan Gaji 200Rb Didepan Setelah Pendaftaran Untuk Semangat Kerja Pertama Anda.
Cara Pendaftaran : Kirimkan Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE dibawah ini
Maka Demo dan Konsep kerjanya selengkapnya langsung kami kirimkan ke alamat web tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar